Tinggal di Depok Kerja di Jakarta? Berikut Untung Ruginya!

Tinggal di Depok Kerja di Jakarta? Berikut Untung Ruginya!

Depok merupakan salah satu kawasan yang menjadi pilihan tempat tinggal bagi para pekerja di Jakarta. Selain karena aksesnya yang mudah dijangkau dengan KRL, beberapa kawasan Depok juga dekat dari area Jakarta Selatan. Tak hanya itu, fasilitas yang tersedia di kawasan Depok juga sangat memadai, sehingga area ini sangat ideal untuk dijadikan tempat tinggal.

Walaupun banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari tinggal di Depok kerja di Jakarta, terdapat beberapa konsekuensi yang harus dijalani. Artikel ini akan merangkum keuntungan dan kekurangan tinggal di Depok namun bekerja di Jakarta.

Keuntungan Tinggal di Depok Kerja di Jakarta

1. Suasana Tempat Tinggal yang Tenang
Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari tinggal di Depok adalah kawasan perumahannya yang relatif tenang dibandingkan dengan Jakarta. Pada kawasan Depok, Anda dapat dengan mudah menemukan cluster perumahan dengan konsep private cluster yang tentunya sangat aman. Wilayah Depok juga tidak sepadat kawasan Jakarta, sehingga Anda bisa beristirahat di rumah dengan tenang.

2. Suasana Hunian Lebih Asri
Kawasan Jakarta terkenal dengan gedung-gedungnya yang tinggi serta pemukiman yang padat penduduk. Hal inilah yang membuat ruang terbuka hijau di kawasan Jakarta lebih terbatas dibandingkan dengan Depok.

Ketika Anda mencari hunian di Depok, Anda dapat dengan mudah menemukan cluster perumahan asri yang dilengkapi dengan taman. Kawasan Depok juga dilengkapi dengan banyak taman umum serta ruang terbuka hijau yang membuat suasananya lebih ramah lingkungan dibanding Jakarta.

3. Biaya Tempat Tinggal Lebih Terjangkau
Keuntungan lainnya dari tinggal di Depok dibandingkan Jakarta adalah biaya tempat tinggalnya yang lebih terjangkau. Area Depok memiliki banyak kos kosan maupun kontrakan dengan harga sewa yang lebih murah dibanding kontrakan di Jakarta. Hal ini tentunya akan membantu Anda untuk menghemat pengeluaran setiap bulannya.

Begitu juga ketika Anda memutuskan untuk beli rumah di Depok. Harga rata-rata Jual Rumah Depok jauh lebih terjangkau mulai dari Rp 600 sampai Rp 700 jutaan. Sedangkan rata-rata harga rumah Jakarta sudah menyentuh Rp 1 M-an perunit. Hal inilah yang membuat banyak pekerja di Jakarta memutuskan untuk menetap di kawasan Depok dan sekitarnya.

4. Fasilitas Super Lengkap
Area Depok terkenal dengan fasilitasnya yang super lengkap. Anda bisa menemukan mall, pusat perbelanjaan, rumah sakit, serta fasilitas umum lainnya di kawasan ini. Beberapa fasilitas menarik di area Depok diantaranya adalah Cinere Bellevue Mall, Margo City, Cimanggis Square, RSUD Depok, RS Mitra Keluarga, Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, dan masih banyak lagi.

5. Akses Transportasi Mudah
Kawasan Depok juga terkenal dengan akses transportasinya yang mudah. Terdapat beberapa stasiun KRL di area Depok, seperti Stasiun Depok, Stasiun Depok Baru, Stasiun Citayam, Stasiun Pondok Cina, dan Stasiun Universitas Indonesia. Keberadaan akses KRL di kawasan Depok tentunya akan mempermudah Anda untuk menjangkau kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Selain akses KRL, Depok juga memiliki Stasiun LRT Harjamukti yang menghubungkan ke area Jakarta, Bogor dan Bekasi. Opsi LRT dapat menjadi pilihan untuk Anda yang bekerja di perkantoran dekat stasiun LRT. Tak hanya KRL dan LRT, kawasan Depok juga menyediakan opsi angkutan kota, bus, hingga kendaraan online.

Jika Anda berencana untuk menggunakan kendaraan pribadi, Depok juga dilengkapi dengan akses tol yang terhubung ke Jakarta dan sekitarnya. Keunggulan-keunggulan inilah yang membuat Depok memiliki nilai plus dibandingkan dengan kawasan Jabodetabek lainnya.

6. Penghasilan Lebih Tinggi
Ketika Anda memutuskan tinggal di Depok dan bekerja di Jakarta, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kerja di Depok. Apalagi kawasan Jakarta dilengkapi dengan perkantoran, pusat bisnis, maupun pusat pemerintahan dengan penghasilan tinggi, sehingga Anda dapat mendapatkan gaji yang sepadan dengan biaya hidup terjangkau.

Dilema Tinggal di Depok Kerja di Jakarta

Walaupun tinggal di Depok kerja di Jakarta memiliki banyak sekali keuntungan, terdapat beberapa konsekuensi yang perlu Anda pertimbangkan. Hal pertama adalah rute transportasinya yang cukup panjang untuk menjangkau kawasan Jakarta. Apalagi jika Anda menggunakan transportasi umum seperti KRL, Anda harus berangkat sekitar satu sampai dua jam sebelum jam masuk kantor agar tidak terlambat.

Rute transportasi yang panjang secara tidak langsung membuat waktu istirahat Anda lebih sedikit, terutama di hari kerja. Anda harus berangkat menuju kantor di pagi hari dan pulang di waktu petang. Maka dari itu, sebaiknya maksimalkan waktu akhir pekan untuk istirahat maupun berkumpul dengan keluarga.
Tips Memilih Rumah di Depok

Jika Anda bekerja di Jakarta dan tertarik untuk Beli Rumah di Depok, berikut beberapa tips memilih rumah di Depok :

1. Pilih Lokasi Strategis
Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika membeli rumah adalah aspek lokasi. Pilihlah Rumah di Depok dengan lokasi strategis, seperti dekat Akses KRL maupun Akses Tol agar mempermudah mobilitas Anda setiap harinya. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan akses perumahan yang mudah dijangkau transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

2. Perhatikan Fasilitas Sekitar
Selain keberadaan akses transportasi, Anda juga perlu mempertimbangkan keberadaan fasilitas di sekitar rumah. Pilihlah rumah yang berlokasi dekat dari pusat perbelanjaan, rumah sakit, serta fasilitas umum lainnya agar mempermudah kebutuhan harian Anda.

3. Sesuaikan Budget Rumah
Aspek penting lainnya yang perlu diperhatikan ketika membeli rumah adalah budget harga rumah. Pilihlah rumah dengan harga yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Hal ini perlu dipersiapkan dengan melakukan perencanaan finansial yang matang sebelum membeli rumah di Depok.

Itulah ulasan lengkap mengenai tinggal di Depok kerja di Jakarta yang dapat menjadi pertimbangan untuk Anda.

Jika Anda tertarik untuk beli rumah di Depok, kunjungi Cari Properti yang menyediakan pilihan unit rumah berkualitas dengan fasilitas super lengkap. Situs ini juga menyediakan Property Advisor yang dapat membantu Anda untuk menemukan rumah sesuai keinginan. Semoga bermanfaat!

Properti