Tips Penting Untuk Memilih Monitor Gaming

Tips Penting Untuk Memilih Monitor Gaming

Bagi para gamers, memilih monitor gaming yang tepat adalah hal yang sangat krusial dan esensial. Tentu saja, dengan monitor yang pas, maka bermain game tidak hanya akan semakin seru dan nyaman, namun Anda akan bebas dari gangguan yang berasal dari monitor yang digunakan.

Selain itu, perlu diketahui bahwa monitor gaming berbeda dengan monitor yang digunakan pada umumnya. Apa saja bedanya?

Dilihat dari namanya, monitor gaming memang dibuat secara khusus untuk menunjang performa sebuah game yang sedang dimainkan. Oleh karenanya, monitor gaming hadir dengan refresh rate yang cenderung lebih tinggi serta response speed yang lebih cepat.

Untuk tambahan wawasan, refresh rate pada monitor gaming adalah kecepatan monitor dalam memperbarui gambar setiap detik. Sementara response speed merupakan kecepatan monitor dalam mengubah warna yang ditampilkan.

Nah, terkait memilih monitor gaming yang tepat, ada beberapa tips memilih yang penting diperhatikan. Apa saja? Cek ulasannya!

Tips Memilih Monitor Gaming

Tidak dimungkiri bahwa saat ini ada cukup banyak produk monitor gaming yang ada di pasaran. Adanya banyak produk tersebut secara tidak langsung memang akan memudahkan Anda untuk memilih produk yang tepat sesuai keinginan.

Hanya saja, untuk memudahkan Anda, ada beberapa tips mendasar yang perlu diperhatikan terkait memilih monitor gaming, yaitu:

  1.       Pilih ukuran yang tepat

Ukuran monitor menjadi pertimbangan pertama yang penting untuk memilih monitor gaming. Pasalnya, ukuran akan berpengaruh pada kenyamanan saat bermain game.

Beberapa orang mengatakan jika semakin besar ukuran monitor, maka semakin nyaman. Padahal sebenarnya tidak. Dalam riset yang dilakukan, ukuran monitor 24 inch hingga 27 inch dianggap ukuran yang paling tepat. Bahkan, banyak gamers profesional yang menggunakan monitor dengan ukuran 24 inch.

  1.       Cek resolusi layar

Selain ukuran layar, resolusi juga aspek yang sangat penting untuk dipertimbangkan saat memilih monitor gaming. Hal ini dikarenakan resolusi berpengaruh pada ketajaman layar. Hanya saja, resolusi layar harus disesuaikan dengan kartu grafis.

Dalam hal ini, hindari membeli monitor gaming dengan resolusi 4K jika GPU yang terpasang hanya mampu mendukung resolusi 1080p. Meskipun, resolusi 1080p adalah resolusi standar yang masih cukup relevan.

  1.       Perhatikan color gamut

Untuk memilih monitor gaming, Anda harus memperhatikan color gamut. Aspek ini adalah rentang warna yang cenderung lebih spesifik dari rentang warna yang biasanya. Ada beberapa jenis color gamut yang bisa dijadikan pertimbangan, seperti s-RGB yang menjadi salah satu color gamut tertua dengan rentang warna sempit.

Selain itu, ada pula NSTC yang dikembangkan untuk memberikan rentang warna yang bisa ditangkap oleh manusia. Jenis color gamut ini sangat mengesankan untuk memaksimalkan tampilan warna meskipun bukan jenis color gamut paling luas.

  1.       Cek refresh rate

Refresh rate juga menjadi aspek penting untuk dipertimbangkan ketika hendak memilih monitor gaming. Refresh rate sendiri adalah banyaknya sebuah monitor melakukan refresh gambar di layar tiap detik dengan satuan Hz.

Misalnya, monitor dengan refresh rate 144Hz berarti memiliki kemampuan refresh gambar hingga 144 kali per detik. Semakin tinggi refresh rate, maka tampilan gambar yang akan dihasilkan tentu akan semakin responsif dan super smooth.

Rekomendasi Laptop Gaming Dengan Layar Terbaik

Jika Anda mencari satu paket perangkat terbaik untuk bermain game, maka Anda bisa menjatuhkan pilihan pada produk laptop Acer Predator Helios 300 yang hadir tidak hanya dengan spesifikasi gahar, tetapi juga monitor terbaik.

Bagaimana tidak, laptop ini hadir dengan 100% DCI-P3 yang akan memberikan tingkat akurasi warna tinggi. Tentu saja, dengan tingkat akurasi warna yang tinggi, bermain game akan menjadi lebih memuaskan.

Selain Color Gamut Acer Predator Helios 300 yang digunakan, bagaimana spesifikasi laptop ini?

Sebagaimana yang dikatakan, Acer Predator Helios 300 hadir dengan spesifikasi yang istimewa. Laptop gaming yang satu ini hadir dengan kekuatan gahar dari processor Intel Core i7 8-core dan 16 thread yang siap digunakan untuk memainkan beragam game berat sekalipun.

Tidak hanya itu, bermain game menggunakan Acer Predator Helios 300 akan terasa semakin nyata dengan hadirnya NVIDIA GeForce RTX 30 series. VGA premium ini akan meningkatkan efisiensi energi dan mengoptimalkan sistem dengan AI yang akan menghadirkan kinerja mesin yang responsif.

Lalu, bagaimana dengan memory yang diusung?

Acer Predator Helios 300 hadir dengan memory yang super lega. Perangkat ini memiliki RAM default DDR4 berkapasitas 16 GB. Nantinya, kapasitas RAM bisa ditingkatkan hingga 32 GB untuk running task yang lebih stabil dan nyaman.

Di sektor penyimpanan, Acer Predator Helios 300 memiliki memory internal 512 GB SSD yang bisa diupgrade hingga menjadi 2 TB dengan menggunakan dual slot M.2 NVM-e. Tidak hanya itu, memory tersebut menggunakan konfigurasi RAID 0 SSD yang sangat cepat sehingga boating device hanya beberapa detik.

Hal menarik lain dari Acer Predator Helios 300 adalah visual yang terlihat sangat menawan serta nyata. Laptop ini menggunakan layar QHD dengan ukuran 15.6 inches’ yang cukup luas. Tidak hanya itu, layar Acer Predator Helios 300 dilengkapi dengan panel IPS dan didukung DCI-P3 100% serta memiliki refresh rate hingga 156Hz dan response time hingga 3ms.

Dengan spesifikasi yang gahar serta teknologi terbaru yang digunakan, tentu Acer Predator Helios 300 adalah jawaban yang tepat untuk produk laptop gaming terbaik saat ini. Di pasaran, device Color Gamut Acer Predator Helios 300 (PH315-54) ini tersedia dengan harga sekitar 19,9 jutaan. 

Laptop